Jumat, 20 Agustus 2010

5 songs to suicide; a guide for brokenhearted!

Pada awalnya adalah Blues, sabda seorang kawan pada saya. Tapi saya menolak, manusia Gua tidak mengenal instrumen bersenar 6 semacam gitar dan growhl Hardcore lah yang pertama kali muncul menurut saya. Jadi dengan sangat goblok dan menggelora saya bilang Hardcore adalah induk semua musik. Tapi emang pada dasarnya saya gak tau apa-apa tentang musik maka dengan mudah saya di sikat sama pria laknat itu. Dan semenjak itu saya berikrar “jangan macam-macam dengan kawat gigi dan musik kalo bersama nuran, atau hidupmu akan serasa di neraka tingkat 7”. Amien.

Selain boker dan kencing sambil kayang, saya percaya Aunurahman Wibisono diciptakan untuk musik dan traveling. Jadi saat ia mempublish lima lagu paling romantis sejagat, sebagai umat yang baik, saya sih manggut-manggut aja dan menerima wahyu tersebut dengan baik dan benar. Namun karena pada dasarnya manusia adalah mahluk geblek, ya saya bertanya-tanya. Kalo ada lagu romantis ada dong lagu yang gak romantis, khususon lagi lagu patah hati. Cumak karena orang gak suka sama yang patah-patah (kecuali patah-patahnya Anisa Bahar), maka belum ada yang bikin 5 lagu patah hati paling josh sejagat. Ya sudah, saya bikin saja kalo begitu.

1. Macy Gray -  I Try

Selain bibir tebal dan suara bagus, saya dengan yakin bisa bilang kalo Macy Gray is good for nothing, tapi pandangan itu berubah pada medio 2008 saat saya patah hati. Dan i try ibarat gheto yang menampung segala riuh rendah kesedihan saya. Macy Gray sungguh mengerti bahwa saat kita pisah, kadang ada ruang kosong yang wuuut tiba-tiba ilang. Serupa blackhole, atau feses kala boker. Lagu ini cocok buat anda yang ingin mati perlahan sambil menyayat pembulu darah di pantat.

I believe that fate has brought us here
And we should be together
But we're not
I play it off but I'm dreamin of you
I'll keep it cool but I'm fiendin.
I try to say goodbye and I choke
I try to walk away and I stumble
Though I try to hide it it's clear
My world crumbles when you are not near

2. Ray Charles -  I can't Stop Loving You

Dalam hati, Ibu dari Ray Charles Robinson sudah tau sejak kecil jika anaknya kelak akan menjadi seorang ladies man, penakluk wanita. Tapi bahkan dengan pesona bintang, bang Ray begitu ia biasa dipanggil di pasar, pernah juga patah hati. Dan betapa rindu dan sakit itu bisa datang serupa kentut. Bahwa seorang pecinta yang rapuh rela mengulang waktu dan memperbaiki kesalahannya. Bahwa seorang pecinta ditakdirkan untuk selalu ingat dan tak berhenti mencintai. Dan kepada kenanganlah kita menghujat ya kan sodare-sodare? Lagu ini cocok dinikmati dengan tahu campur dan segelas baygon.

(I can't stop loving you)
I've made up my mind
To live in memory of the lonesome times
(I can't stop wanting you)
It's useless to say

So I'll just live my life in dreams of yesterday
(Dreams of yesterday)
Those happy hours that we once knew
Tho' long ago, they still make me blue

They say that time heals a broken heart
But time has stood still since we've been apart

3. Sheila on 7 - Dan

Saya selalu yakin mereka adalah Power Rangers yang memutuskan untuk membentuk band karena semua monster di bumi sudah musnah. Di masa puber saya yang indah, awal masuk es em pe, saya mendengar tembang kita - yang kemudian jadi theme song sinetron lupus – dari Sheila on Seven. Sungguh saya jatuh cinta pada Duta dan kawan-kawan, bisa menerjemahkan cinta monyet dalam bahasa orang utan seperti saya. Seperti halnya remaja saya jatuh cinta, dan seperti halnya mahluk lainnya saya juga patah hati. ‘Dan’ menjadi sebuah Requiem atas cinta saya yang belum berkembang, bahkan layu sebelum waktunya. Kami berdua sama-sama terluka, sama-sama sakit dan sama-sama ingin saling melupakan. Bedanya dia bisa, saya enggak. Goblok. Oh ya, lagu ini bagus jika ditutup dengan suara megah dari gelegar pistol yang ditembakan ke kepala anda.

Dan
Perlahan kau pun
Lupakan aku mimpi buruk mu
Dimana telah ku tancapkan duri tajam
Kau pun menangis menangis sedih
Maafkan aku

Dan
Bukan maksud ku
Bukan ingin ku melukaimu
Sedarkah kau di siniku pun terluka
Melupakanmu menepikanmu
Maafkan aku

4. The Cure - Boys Don't Cry

Saya curiga Gabriel Garcia Marques adalah tokoh intelektual dibalik terciptanya lagu ini. Bukankah ia pernah berujar “Nobody deserves your tears, but whoever deserves them will not make you cry.” Dan voila Robert Smith cs memutuskan membuat lagu memukau tentang kesombongan anak laki-laki di depan mantan pacar yang sebenarnya masih mereka cintai. Dan kadang seorang laki laki terlalu bodoh untuk bertindak jujur sampai pada akhirnya mereka kehilangan. Lagu ini sangat cocok bagi anda yang mempertimbangkan mati lemas karena menghisap Carbonmonoksida dari knalpot mobil anda.

I would tell you
That I loved you
If I thought that you would stay
But I know that it's no use
That you've already

Gone away
Misjudged your limits
Pushed you too far
Took you for granted
I thought that you needed me more

5. Norah Jones - Don't Know Why

Lagu ini dinyanyikan memang sebelum yayang Norah (yang sekarang lagi long distance ama saya) putus ama Basisnya beberapa waktu lalu. Kita tahu Norah Jones adalah American Gifted Jazz Star. Suaranya yang serak-serak basah membuat kita tahu bahwa jazz dan cinta memang ditakdirkan bersama. Namun persetan Camus saat ia berujar “Blessed are the hearts that can bend; they shall never be broken.” Lagu ini memang tentang kesabaran orang yang ditinggalkan, bahkan hati yang paling luas pun akan pecah. Bukankah fitroh bagi hati untuk perih? Entahlah, but anyway lagu ini baiknya diputar sebelum anda memasang tiang gantungan. Karena saat anda tercekik frase dibawah ini akan sangat menyakitkan.

My heart is drenched in wine
But you'll be on my mind
Forever
Something has to make you run
I don't know why I didn't come
I feel as empty as a drum
I don't know why I didn't come


Sebenarnya masih ada delapan belas milyar tujuh puluh dua juta enambelas lagu patah hati yang mau saya rekomendasikan. Termasuk di antaranya Asmara Jati Nangor the Panas Dalam, Angkuhnya Burgerkill, Sampaikan salamku nya Jackpot, Bagian Yang Hilang nya Funky Kopral. Tapi saya yakin antum sekalian tidak percaya, karena memang tidak ada lagu sebanyak itu. Sedangkan dalam 5 tahun terakhir dari band karbitan saya mencatat ada beberapa lagu mewek ser ser yang memang akan bagus secara karya jika digarap secara serius macam Kenangan Terindahnya Bambang Samson, Tapi Bukan Akunya Samuel Giman (gigi mancung) Kerispatih. Tak lupa pula lagu keren dari our very own Nazriel Ilham of Peter Pan yang sudah payah membuat lagu Semua Tentang Kita.

Jika ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi. Kalo saya putus cinta lagi, nanti bikin daptar lagi. Oke boy en girl, karena waktu imsak sudah tiba. Saya selaku umat beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa ijin undur diri. Jika ada salah kata sungguh itu disengaja untuk kebutuhan hiburan semata. Wassalam!
\

Tidak ada komentar:

Posting Komentar