Kamis, 09 Desember 2010

Got into trouble? This song maybe help you!

Saya adalah tipikal orang ceroboh yang cenderung melakukan tindakan tolol berulang kali. Dan kali ini saya berulah didepan teman perempuan - yang puji tuhan – saya sukai. Anda tidak perlu tahu apa ketololan itu, cukup saya, dia, sepasang malaikat kami dan Tuhan saja yang tahu.

Bagaimana anda meminta maaf? Banyak sekali cara meminta maaf mulai dari menyorongkan dan menggengam telapak tangan lawan anda, memberikan bunga, traktir makan dan berdiri semalaman di tengah hujan didepan rumah orang yang anda lukai perasaannya. Saran terakhir adalah saran paling Punjabi ala FTV yang sangat membutuhkan mentalitas muka tembok dan obat masuk angin yang banyak. Saya tidak bisa melakukannya, meski tubuh saya besar, saya mudah masuk angin. Berdiri semalaman ditengah hujan sama dengan bunuh diri buat saya.

Puji tuhan sekali lagi karena Allah yang maha baik memberikan saya seorang teman cabul sengit nan baikhati bernama Aunurahman Wibisono. Ia memberikan saya solusi sesat untuk minta maaf. Yaitu dengan memberikan sebuah CD kompilasi lagu! Ya memang teman saya itu diutus Tuhan kemuka bumi ini memang bukan untuk memperbaiki amal ibadah kita yang rusak, atau menyelamatkan umat manusia dari global warming, apalagi menjadi seorang patron penggerak revolusi. Tidak, dia hanya berguna sebagai tukang ojek, travelogue imbisil, mafia inbox keparat dan pengamat musik profesional amatir. Itu saja lainnya tidak.

Salah satu elemen penting dari meminta maaf adalah kesungguhan dan keinginan untuk merubah diri serta komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Nah jika anda berniat untuk meminta maaf dengan jalan memberikan CD kompilasi lagu untuk meminta maaf, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyadari kesalahan apa yang anda lakukan. Misal; saya dan mulut besar saya seringkali melakukan kesalahan dengan kata-kata kasar dan keras. Nah sesuaikan lagu yang akan anda berikan dengan tema tersebut, simple isn’t it?

Nah elemen berikutnya adalah tunjukan bahwa anda tidak nyaman dengan kesalahan yang anda buat dan ingin segera berbaikan. Nah tunjukan atau berikan alasan kenapa anda sangat ingin minta maaf, dengan penjelasan yang jelas dan logis (atau dalam khasus saya apa yang membuat saya tidak ingin kehilangan dirinya). Misal; jika anda suka dengan sifatnya yang manja, keras kepala atau bahkan sikap cueknya. Manifestasikan rasa suka tersebut dengan lagu yang memiliki syair yang sesuai.

Elemen terakhir adalah meyakinkan bahwa dia bahwa anda memang pantas dimaafkan? Bagaimana caranya? Nah itu adalah rahasisa Tuhan yang paling seksi, anda harus paham benar bagaimana alur berfikir, sifat dan keinginan dari orang yang anda sakiti tadi. Dengan begitu anda bisa meyakinkan dia bahwa anda adalah orang tolol yang pantas dimaafkan. Nah saya sendiri sudah membuat beberapa lagu kompilasi yang akan saya kirimkan sebagai permintaan maaf padanya. Sedikit bocoran dari 20 lagu yang saya kirim, semoga bisa membantu anda dalam usaha minta maaf.

1. Hitamku – Andra And The Backbone


Hitamku adalah nomor pembuka yang baik, jika anda memang sudah sangat ancur dan bikin kesalahan tak tertolong lagi. Intinya bikin kesalahan yang cuma kanjeng Nabi Muhammad bisa maafin. Lain manusia tidak. Andra boleh jadi telah bikin keributan yang sangat luar biasa sehingga ia bisa membuat atmosfer hopeless yang cenderung masokis tapi masih sok-sok an kuat. dalam liriknya. Liat aja liriknya

Maafkan Kata Yang Tlah Terucap

Akan Kuhapus Jika Ku Mampu

Andai Ku Dapat Meyakinkanmu

Ku Hapus Sikapku


2. Senandung Maaf – White Shoes and Couples Company


Nah lagu ini boleh jadi sedikit membentuk mood untuk lebih rileks. Suara merdu Aprilia Apsari akan mereduksi es yang telah membeku. Mencairkan kemarahan dan sedikit memberikan nuansa renyah pada hati yang duka, ceile berat! Nah sebuah ikrar dan permohonan maaf yang tulus, syairnya sangat puitis menurut saya. Mengingatkan sajak-sajak dari tanah melayu. Yang manja, malu-malu dan sarat makna.

Toreh kisah senandung kasih

Maafkan tuan aku berjanji

Tak mau menuai murka

Untukmu oh kawan


3. Jamie Cullum – Blame it on my youth



Kita semua pernah muda! Kecuali anda terlahir macam Benjamin Button, lagu ini adalah apologi paling manis bahwa kesalahan yang kita buat memang karena kita masih muda. Selain bagus untuk minta maaf lagu karya Oscar Levant dan Edward Heyman pada 1934 ini merupakan salah satu lagu rayuan paling maut yang saya tau. Dan tentu saja semua pembelaan, karena kita pemuda masih suka bikin onar dan masih suka grasah-grusuh!


If, you were on my mind, all night and day, blame it on my youth

If, I forgot to eat, and sleep and pray, blame it on my youth


4. Misssing – Eliza Doolitle


Eliza Doolitle - meminjam ungkapan Abdul and The Coffe Theory - adalah seorang gadis dengan suara yang loveable. Suaranya catchy yet crunchy! Dengan tempo yang mirip hiphop, pendengar diajak untuk memperhatikan tiap tekanan pada kata-katanya. Which is good to you. Lagu ini representasi elemen ke dua, memberikan alasan pada orang tersebut untuk memaafkan kita.

I know there's a million people like me

I'm sure a kick up the bum's all we need

We plan but it never comes true

All I need is somebody like you


5. Seperti – Plastik



Puji Tuhan pada siapapun yang naruh lagu ini di komputer Tegalboto. Suara Ipang pada masa muda yang sangat luarbiasa. Dimana ia –menurut saya- memiliki kualitas suara mirip dengan Chris Cornell dari Soundgarden/Audioslave. Lagu ini adalah sebuah teriakan putus asa, sebuah penggambaran cerdas untuk menolak eskapis menye-menye. Meminta maaf dengan segala resiko yang ada. Lagu yang seolah-olah ingin berkata be a gentleman! Kalo dibaca benar-benar ini bukan lagu minta maaf, tapi lagu tentang kemarahan. Well semua rasa marah awalnya dari kesalahan. Dan setiap kesalahan membutuhkan sikap perbaikan diri dan maaf kan?


Bagaikan hujan, bagai bunga matahari

Bagaikan mendung, bagaikan sinar pelangi

Bicaralah... bicaralah semaunya

Atau marah... jangan diam


Namun perlu diingat. Permintaan maaf ibarat sebuah doa. Bisa dikabulkan segera atau bahkan anda akan diazab dengan amat pedih. Maka kesungguhan adalah modal awal yang paling penting. Nah itu saja dulu, semoga berkenan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar